About this blog
- A. Menulis Kalimat Sederhana (Making a Simple Sentence)
- Pembentukan Kalimat Sederhana
Untaian kata yang secara utuh menyampaikan ide, informasi, atau pesan harus berbentuk kalimat. Kalimat setidaknya akan terdiri atas unsur subject (S) dan satu unsur verb (V). Bila suatu kalimat hanya terdiri dari satu unsur S dan satu unsur V, pola ini dikenal dengan istilah kalimat sederhana (simple sentence). Manakala suatu kalimat terdiri atas dua kelompok S-V atau lebih, pola ini dikenal dengan istilah kalimat majemuk (compound sentence). Bilamana terdapat pengembangan unsur S, object (O), complement (C), atau adverb (A) menjadi satu klausa tersendiri, unsur S,O, C, atau A terbentuk dari pola klausa (S-V), pola ini dikenal dengan istilah kalimat kompleks (complex sentence), klausa yang merupakan pengembangan unsur S atau O disebut sub-clause. Dan manakala suatu kalimat terdiri atas dua kelompok S-V (dua klausa) atau lebih dimana unsur S, unsur O, atau A dari salah satu klausa atau dari klausa-klausanya mendapat pengembangan dikenal dengan istilah compound-complex sentence. Ulasan tentang compound & complex sentence.
Fungsi subject dapat terbentuk dari noun (nama orang/benda), pronoun (kata ganti orang/benda), gerund (verb-ing), to infinitive (to+verb-1), dan noun clause (Subjek+Verb yang diawali that/whether/question-word).
Fungsi verb dapat terbentuk dari verb-1/verb-2, to be (is, am, are, was, were, have/has/had+been, modal+be), atauauxiliary + verb. Fungsi verb yang terbentuk dari selain verb-1 atau verb-2 (misalnya: verb-ing, verb-3) harus mendapat awalan auxiliary.
- Pembentukan Unsur-unsur Kalimat:
- Subject (S)
- Verb (V)
- Object (O)
- Adverb (A)
- Complement (C)
Contoh: That lecture bored me
S V O
- B. Menulis Kalimat Negatif (Making a Negative Sentence)
- Pola Dasar
Secara umum kalimat negatif (negatif sentence) dibuat dengan membubuhkan kata not setelah auxiliary verb (sepertiis not, have not, can not, dll).
Contoh:
- I will not forget you.
- It is not true.
- You should not be silly.
- I can not swim.
Bila terdapat lebih dari auxiliary, not diletakan setelah auxiliary yang pertama, perhatikan:
- I will not have graduated before the end of this year.
- You must not have studied last night.
- C. Menulis Kalimat Pertanyaan (Making an Interrogative Sentence)
- Pertanyaan dengan Jawaban ‘yes’ atau ‘no’
Jenis pertanyaan yang biasanya mengandung jawaban ‘yes’ (ya) atau ‘no’ (tidak) lazimnya untuk menegaskan, meyakinkan, membenarkan, atau menguatkan. Dalam bahasa Indonesia lazimnya dinyatakan dengan menempatkan kata apakakah di muka kalimat atau menambahkan akhiran –kah pada fokus kata penegasnya, dan dalam bahasa lisan, cukup dengan meninggikan intonasi akhir kalimat. Dalam bahasa Inggris, pertanyaan seperti ini dibentuk dengan menempatkan kata bantu (auxiliary) di muka suatu subjek. Khusus untuk kalimat simple present dan simple past,dimana tidak terdapat kata bantu (auxiliary), kita menempatkan kata do/does di muka subjek untuk kalimat simple present, dan did untuk kalimat simple past.
- Apakah kamu cinta saya? – Ya. (artinya: saya cinta kamu)
- Tidak. (artinya: saya tidak cinta kamu)
Do you love me? – Yes, I do.
- No, I don’t.
- Pertanyaan dengan Penggunaan Kata Tanya
Pertanyaan yang mengandung respon jawab bukan dengan kata ‘ya’ atau ‘tidak’ belaka melainkan mengorek dan menggali informasi tertentu lazimnya diawali dengan kata tanya. Pola pertanyaan jenis ini dibentuk dengan menempatkan kata tanya dimuka kalimat berpolakan inversi (kalimat yang menempatkan kata bantu di muka suatu objek).
Contoh:
- Dimana anda tinggal?
Where dou you live?
Jenis kata tanya:
- 1. Siapa
Pertanyaan siapa (yang), yang menyatakan orang/Tuhan untuk atau sebagai identifikasi, dinyatakan dengan who danwhom. Who dipergunakan manakalah yang dipertanyakan adalah pelaku atau subjek dari kalimat, dan whomdipergunakan manakalah yang dipertanyakan adalah objek.
Contoh:
- Siapa yang berani bertarung dengan saya?
(Who dares to fight me?)
- Siapa yang kamu cintai?
(Whom do you love?)
Pertanyaan punya siapa atau milik siapa dinyatakan dengan whose.
Contoh:
- Buku siapakah ini? / Milik siapakah buku ini?
Whose book is it?
Pertanyaan siapa namamu? Dinyatakan dalam bahasa Inggris dengan What is your name? Bukan who is your name?Tidak dipergunakan who karena yang dipertanyakan adalah kata benda sebagai sebutan, bukan identifikasi orang.
- 2. Apa
Pertanyaan apa (yang), yang mempertanyakan benda/binatang sebagai subjek dan atau objek, dinyatakan denganwhat.
Contoh:
- Apa yang kau makan?
What are you eating?
Pertanyaan apa kabar? Dinyatakan dalam bahasa inggris dengan How are you? Atau How do you do?, bukan What are you? Ataupun What do you do? Tidak dipergunakan what karena yang dipertanyakan adalah keadaan, bukan subjek ataupun objek.
- 3. Yang mana
Pertanyaan yang mana, yang mempertanyakan suatu pilihan, dinyatakan dengan which (one).
Contoh:
- Gadis yang mana yang kamu cintai?
(Which girl do you love?)
- ‘saya punya dua mobil: BMW dan Jaguar. Yang mana yang kamu mau sebagai hadiah ulang tahun?’
(‘I have two cars: BMW and a Jaguar. Which one do you want as your birthday present?’)
Untuk pertanyaan dengan kata who, what, dan which yang mempertanyakan subjek (agent) dari suatu kalimat berpolakan simple present dan simple past tidak dipergunakan kata bantu do/does/did.
Contoh:
- Siapa yang menelepon kamu?
Who telephoned you?
- Apa yang membuatmu kecewa?
What made you dissapointed?
- Tombol mana untuk menjalankan mesin ini?
Which switch operates the mechine?
- 4. Mengapa/Kenapa
Pertanyaan mengapa, yang mempertanyakan alasan dan atau tujuan, dinyatakan dengan why.
Contoh:
- Mengapa gadis itu terus-terusan menangis?
Why does the girl keep crying?
- Mengapa kamu belum menyelesaikan pekerjaan itu?
Why haven’t you finished the job?
Pertanyaan Kenapa tanganmu, Nak? Dinyatakan dengan What happened to your hand, son? Atau What’s wrong with your hand, son? Bukan Why is your hand? Ataupun Why is wrong with your hand? Tidak dipergunakan why karena yang dipertanyakan adalah subjek atau objek sebagai penyebab.
- 5. Kapan
Pertanyaan kapan, yang mempertanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa/kejadian/keadaan/aktifitas, dinyatakan dengan when.
Contoh:
- Kapan dia lulus kuliah?
When did he graduate from her school?
- Kapan kamu akan menemui ayah saya?
When will you see my father?
- Kapan dia biasanya memberi laporan keuangan?
When does she usually present the budgeting report?
- 6. Dimana/kemana
Pertanyaan dimana/kemana, yang mempertanyakan lokasi/tempat, dinyatakan dengan where.
Contoh:
- Dimana dia menyimpan harta karunnya?
Where does he hide the treasure?
- Kemana dia akan pergi?
Where will he go?
- Darimana asal orang itu?
Where is the man from?
- 7. Bagaimana
Pertanyaan bagaimana, yang mempertanyakan keadaan/cara, dinyatakan dengan how.
- Bagaimana kabar Ibumu?
How is your mother?
- Mau dibagaimanakan daging ini, digoreng atau direbus?
How are we to do this meat, fry it or boil it?
- 8. Berapa
Pertanyaan berapa banyak dinyatakan dengan how many untuk mempertanyakan jumlah benda yang dapat dihitung (countable) dan how much untuk mempertanyakan jumlah benda yang tidak dapat dihitung (uncountable).
Contoh :
- Berapa banyak air yang kau perlukan untuk membuat sup?
How much water do you need to make the soup?
- Berapa banyak mahasiswa yang sedang berdemonstrasi?
How many students are demonstarting?
- D. Direct and Indirect Speech (Kalimat Langsung dan Tidak Langsung)
Direct speech ialah kata – kata (kalimat) yang di ucapkan langsung dari si pembicara kalimat tersebut di ubah atau di tambah.
Kalimat-kalimat direct speach (kalimat langsung) dapat diceritakan kembali dengan cara lain, tapi tidak mengubah artinya dengan tidak lagi mengulangi pembicaraan tetapi menceritakan apa yang dikatakan si pembicara. Kalimat yang demikian disebut Indirect speach (Indirect sentence = kalimat tak langsung).
DIRECT SPEACH
Ia berkata : “ pergi ”
v Mother said : “wash your face !“
Ibu berkata : “cuci muka mu !”
| INDIRECT SPEACH
ia memberitahukan saya untuk pergi .
v Mother told me to wash my face.
“Ibu memberitahukan saya untuk mencuci muka saya.”
|
Jikalau kata kerja dalam induk kalimat dalam waktu sekarang atau waktu selesai, tidak ada perubahan waktu dalam kalimat tak langsung .
Example :
DIRECT SPEECT
Ia berkata : “ saya sakit “
v He asks them : “Are you sleepy?”
Ia menanyai mereka :”Apakah kau mengantuk?“
|
INDIRECT SPEECH
Ia berkata bahwa ia sakit.
v He asks them whether they are sleepy.
Ia menanyai mereka apakah mereka mengantuk?
|
Jikalau kata kerja dalam induk kalimat dalam waktu lampau atau waktu lampau selesai , perubahan yang berikut yaitu:
Simple Present
He told me “ I go to school everyday.”
Ia memberitahu saya “Saya pergi ke sekolah setiap hari.“
|
Simple Past
He told me that he went to school everyday.
Ia memberi tahu saya bahwa ia pergi ke \sekolah tiap hari.
|
Present Continuous
He told me : “I am studying
English now”
Ia memberitahu saya : “Saya
Sedang belajar bahasa Inggris sekarang.”
|
Simple Past
He told me that he was studying english then.
Ia memberitahu saya bahwa ia sedang
belajar bahasa inggris ketika itu.
|
Present Perfect
He told me : “I have bought a book“
Ia memberitahu saya “saya telah
Membeli buku.”
|
Past Perfect
He told me that he had bought a book.
Ia memberitahu saya bahwa ia telah
membeli sebuah buku.
|
Simple Past
He told me : “ I went to Malang
Yesterday.“
Ia memberitahu saya :”Saya pergi
Ke malang kemaren.“
|
Past Perfect
He told me that he had gone to Malang the previous day.
Ia memberitahu saya bahwa ia telah pergi ke malang hari terdahulu.
|
Future
He told me: “ I Shall go to Malang
Tommorrow .“
Ia memberitahu saya : “Saya akan
Pergi ke Malang besok.“
|
Future Past
He told me that he would go to Malang the following day.
Ia memberitahu saya bahwa ia akan pergi ke Malang hari berikutnya.
|
Future Past
He told me : “ I should go there
if I were you “
Ia memberitahu saya : “Saya akan
Pergi kesana jika saya adalah kamu.“
|
Future Past Perfect
He told me that he would have gone there if he had been me.
Ia memberitahu saya bahwa ia akan sudah pergi kesana jika ia saya.
|
DAFTAR PUSTAKA
Djuharie, Setiawan Otong. 2008. Sentence Writing. Bandung: CV. Yrama Widya.
Hartanto, John dkk. 2008. Tata Bahasa Inggris. Surabaya: INDAH
18.04
|
Label:
PELAJARAN
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
About
Blog Archive
Pengikut
INDONESIA TIME
Archives
Ratih Purwasih
Download video clip Ratih Purwasih Kasih Sayang Yang Hilang
SELAMAT DATANG
0 komentar:
Posting Komentar